Hubungan Kordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Pukulan Forehand Drive Dalam Olahraga Tenis Meja

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pedi Pranata
Ishak Aziz
Adnan Fardi
Suci Nanda Sari

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah masih kurang baik dalam melakukan pukulan forehand drive. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan koordinasi mata-tangan terhadap pukulan forehand drive pada siswa SMA 16 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini yaitu korelasional, Pupulasi penelitian ini sebanyak 35 orang dan Sampel penelitian sebanyak 20 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling  Instrumen penelitian adalah tes koordinasi mata-tangan dengan lempar tangkap bola tenis ke sasaran tembok, selanjutnya tes pukulan forehand drive dengan tes pukulan forehand drive. Hasil penelitian yang telah dilakukan beserta analisis dilakukan menghasilkan terdapat hubungan yang berarti antara koordinasi mata-tangan dengan pukulan forehand drive siswa ekstrakurikuler tenis meja SMA Negeri 16 Bengkulu Utara, dengan nilai koefisien (rhitung) sebesar 0,678 > r tabel 0,444 dengan koefisien distribusi t hitung 2,878 > t tabel 1,734.


Kata Kunci:Koordinasi Mata Tangan, pukulan forehand drive.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pranata, P., Aziz, I., Fardi, A., & Sari, S. (2024). Hubungan Kordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Pukulan Forehand Drive Dalam Olahraga Tenis Meja. Gladiator, 44(2), 359-370. https://doi.org/10.24036/gltdor1013022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.