Pengaruh Latihan Plyometrik Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pada Atlet Futsal Di Klub Labschool Futsal Academy Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Greatya Bella Febritha
Roma Irawan
John Arwandi
Ronni Yenes

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya daya ledak otot tungkai pada saat melaksanakan latihan sehingga kekuatan saat menendang bola menjadi kurang maksimal, ini terbukti dari lemahnya pengasaan bola sehingga tidak dapat di kontrol dengan baik dan bola terlepas dari penguasaan serta memudahkan lawan untuk merebut bola. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh latihan plyometrik terhadap daya ledak otot tungkai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. populasi adalah anggota klub Labschool Futsal Academy Padang sebagai populasi dalam penelitian ini atlet LFA Padang sebanyak 20 orang. Teknik penrikan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20. Instrument penelitian menggunakan tes standing board jump. Teknik analisis data statistik menggunakan uji normalitas liliefors dan uji-t dengan taraf signifikan ɑ=0,05.  Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan plyometrik terhadap daya ledak otot tungkai pada atlet futsal LFA Padang.


Kata Kunci :  Latihan Plyometrik; Daya Ledak Otot Tungkai; Futsal

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Febritha, G., Irawan, R., Arwandi, J., & Yenes, R. (2024). Pengaruh Latihan Plyometrik Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Pada Atlet Futsal Di Klub Labschool Futsal Academy Padang. Gladiator, 44(2), 331-344. https://doi.org/10.24036/gltdor1015022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.