Kontribusi Kelentukan dan Kelincahan terhadap Tendangan Sabit pada Atlet Perguruan Silat Tangan Mas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Delvia Maisa Reren
Maidarman Maidarman
M Ridwan
M Ridwan
Jeki Haryanto

Abstract

ABSTRAK


Masalah penelitian ini ialah kuragnya kemampuan tendangan sabit seperti tendangan tidak tepat sasaran dan mudah tingkap lawan pada atlet perguruan Silat Tangan Mas kota Padang. Variabel pada penelitian ini ialah kelentukan (X1), kelincahan (X2) dan tendangan sabit (Y). Penelitian ini bertujuan guna melihat kontribusi kelentukan, kelincahan dengan kemampuan tendangan sabit. Penelitian ini ialah jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 15 orang atlet. Pengambilan sampel diambil dengan memakai teknik sampling jenuh, yang mana yang menjadi sampelĀ  15 orang. Instrumen penelitian ini melalui tes side split untuk tes kelentukan, kelincahan menggunakan tes hexaginal obstacle dan tes kemampuan tendangan sabit dilaksanakan dengan menggunakan tes tendangan sabit. Teknik analisa data memakai teknik analisis korelasi dan korelasi ganda. Hasil analisis menunjukan: 1) Adanya kontribusi antara kelentukan terhadap tendangan sabit 55%. 2) Adanya kontribusi antara kelincahan terhadap tendangan sabit 61%. 3)Adanya kontribusi antara kelentukan dan kelincahan terhadap kemampuan tendangan sabit 69%. Berdasarkan data yang didapatkan, lalu analisa peneliti terhadap penelitian ini ialah terlihat kalau kelentukan dan kelincahan sama-sama berkontribusi dengan keterampilan tendangan sabit.


Kata Kunci : Tendangan Sabit; Kelentukan; Kelincahan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Reren, D., Maidarman, M., Ridwan, M., Ridwan, M., & Haryanto, J. (2024). Kontribusi Kelentukan dan Kelincahan terhadap Tendangan Sabit pada Atlet Perguruan Silat Tangan Mas. Gladiator, 44(2), 395-403. https://doi.org/10.24036/gltdor1020022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.