Profil Kondisi Fisik Pemain Ekstrakurikuler Futsal Di SMA Negeri 8 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

fandear ristagara
Afrizal S
Umar Umar
Yogi Setiawan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan data observasi yang telah dilakukan permasalahan tersebut dapat kita lihat bahwasannya ekskul futsal SMAN 8 Padang mengalami penurunan kondisi fisik ketika sedang latihan terdapat pemain mengalami kelelahan, konsentrasi yang tidak fokus ketika melakukan passing, menyebabkan sering terjadinya salah passing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi fisik pemain ekstrakurikuler di SMAN 8 Padang. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain ekstrakurikuler SMAN 8 Padang, yaitu 12 Pemain. Penarikan sampel ini dilakukan dengan teknik total sampling dimana dalam penelitian ini semua sampel dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan data adalah tes kondisi fisik yaitu, yo-yo test, lari 30 meter, t tes, dan standing long jump. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi dengan perhitungan persentase P = F/N x100%. Hasil penelitian bahwa Kondisi fisik pemain ekstrakurkuler SMAN 8 Padang untuk pemain bisa dilihat dari persentase paling besar dari masing-masing aspek tes kondisi fisik.  Yo-yo test 67% dengan kategori kurang, tes lari 30 meter 33% dengan kategori sedang hingga sangat kurang, t test 58% degan kategori sedang, dan tes standing long jump 50% dengan kategori baik.


Kata Kunci : Kondisi Fisik, Teknik, Futsal

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
ristagara, fandear, S, A., Umar, U., & Setiawan, Y. (2024). Profil Kondisi Fisik Pemain Ekstrakurikuler Futsal Di SMA Negeri 8 Padang. Gladiator, 44(2), 461-474. https://doi.org/10.24036/gltdor1041022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.