Pengaruh Latihan Variasi Bermain Terhadap Peningkatan Ketepatan Passing Pemain Sepakbola

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aidil Fitrah
Ikhwanul Arifan
Afrizal S
Irfan Oktavianus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi bermain terhadap penigkatan ketepatan passing pada pemain sepakbola. Masalah pada passing terlihat adanya kelemahan dan kekurangan dalam melakukan passing sehingga taktik yang di instrusikan oleh pelatih tidak berjalan dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen semu dengan desainnya uji pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah semua pemain sepakbola Akademi Kapau Agam dan sampel yang digunakan yaitu seluruh pemain dengan kelompok umur 14 sampai dengan 17 tahun yaitu sebanyak 20 orang pemain. Instrument penelitian ialah tes untuk mengukur ketepatan passing yang diadaptasi dari tes passing sepakbola Suparjo dengan validitas sebesar 0.963 dan reliabilitas 0.900. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 31,691 > 2,09 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan variasi bermain terhadap ketepatan passing pemain. Jadi terdapat peningkatan yang bagus dari variasi bermain terhadap peningkatan ketepatan passing pemain sepakbola berada pada rerata 8,55 dan pada saat posttest meningkat menjadi 11,25 dan besarnya rerata setelah melakukan treatment latihan variasi bermain meningkat sebesar 32%. Latihan variasi bermain dapat dijadikan sebagai salah satu metode latihan yang disarankan bagi setiap pelatih berdasarkan hasil yang dimiliki.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitrah, A., Arifan, I., S, A., & Oktavianus, I. (2024). Pengaruh Latihan Variasi Bermain Terhadap Peningkatan Ketepatan Passing Pemain Sepakbola. Gladiator, 44(2), 486-497. https://doi.org/10.24036/gltdor1043022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.