Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Pukulan Gyaku Tzuki Pada Atlet Karate Inkai Lembah Gumanti

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dayu Gumala sari
Ronni Yenes
M Ridwan
Yogi Setiawan

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada atlet karate Inkai Lembah Gumanti, terlihat atlet  kesulitan  dalam pukulan tidak mampu menangkis dengan cepat dan tepat. Peneliti bependapat ini disebabkan kurangnya kemampuan dalam melakukan pukulan gyaku tzuki pada atlet karate Inkai Lembah Gumanti tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh latihan plyometric terhadap kemampuan pukulan gyaku tzuki pada atlet karate Inkai Lembah Gumanti. Jenis penelitian adalah eksperimen semu menggunakan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet karate Inkai Lembah Gumanti berjumlah 74 0rang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pukulan gyaku tzuki 30 detik. Teknik pengambilan dan pengumpulan data yang dilakukan dalam bentuk tes yang diambil sebelum dan sesudah diberikan perlakuan diberikan latihan yang telah dipersiapkan sebanyak 16 kali pertemuan. Data kemampuan pukulan gyaku tzuki dilakukan dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji-t dengan taraf singnifikansi α=0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan singnifikan dari pre- test dengan rata-rata 36,6 menjadi 43,3 pada post-test  dimana thitung (13,263 ) > ttabel (1,796), terdapat pengaruh latihan plyometric terhadap kemampuan pukulan  gyaku tzuki pada atlet karate Inkai Lembah Gumanti.


Kata kunci: latihan plyometric; Kemampuan pukulan gyaku tzuki; Karate.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gumala sari, D., Yenes, R., Ridwan, M., & Setiawan, Y. (2024). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Kemampuan Pukulan Gyaku Tzuki Pada Atlet Karate Inkai Lembah Gumanti. Gladiator, 44(2), 567-578. https://doi.org/10.24036/gltdor1046022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.