Pengaruh Modifikasi Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Mata Pelajaran PJOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

MISRAWATI MISRAWATI
Hermanzoni Hermanzoni
Tjung Hauw Sin
Yogi Setiawan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masi kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK.Hal ini diketahui bahwa dalam Saat pembelajaran sedang berlangsung terlihat siswa tidak serius menggikuti pembelajaran,sering bercanda,bermain-main bahkan ada yang main hp. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut antaranya adalah modifikasi pemanasan yang kurang menarik,sarana dan prasara sarana,lingkungan yang tidak mendukung,kualitas guru ,minat dan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari modifikasi pemanasan dengan menggunakan permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam mata pelajaran  PJOK di kelas AKL SMKN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan menggunakan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa AKL SMKN 3 Padang yaitu berjumlah 293 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diambil yaitu motivasi siswa menggikuti pembelajaran PJOK. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t-test dengan taraf singnifikansi α = 0,05.Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan singnifikan dari pre-test dengan rata-rata 129,06 menjadi 149,67 pada post-test dimana t hitung (7,635 ) > t tabel (2,032), terdapat pengaruh modifikasi pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam menggikuti pembelajaran PJOK dikelas X AKL SMKN 3 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
MISRAWATI, M., Hermanzoni, H., Sin, T., & Setiawan, Y. (2024). Pengaruh Modifikasi Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Mata Pelajaran PJOK. Gladiator, 44(2), 544-554. https://doi.org/10.24036/gltdor1056022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.