KONTRIBUSI KOORDINASI MATA TANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PB ORVALA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diky Apridian Saputra
AFRIZAL S
Yanuar Kiram
Eval Edmizal

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah masih kurang baik dalam melakukan ketepatan smash.Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kordinasi mata tangan dan kelincahan dengan ketepatan Smash Bulutangkis PB Orvala Kab Solok. Penelitian ini adalah penelitian Korelasional Sampel penelitian adalah pemain bulutangkis berjumlah 15 orang, dimana teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen penelitian adalah tes kordinasi mata tangan dengan lempar tangkap bola tenis  dan tes kelincahan  dengan tes llinois Agility Test, selanjutnya tes ketepatan smash dengan tes ketepatan smash. Analisis data di lakukan dengan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kordinasi mata tangan dengan ketepatan smash pemain bulutangkis dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,015  r tabel 0,514 dan koefesien distribusithitung0,054ttabel1,77. (2) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan  dengan ketepatan smash pemain bulutangkis dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,220r tabel 0,514 dan koefesien distribusi thitung0,827ttabel 1,77. (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kordinasi mata tangan dan kelincahan secara bersama-sama ketepatan smash dengan nilai koefesien korelasi sebesar0,228r tabel 0,514.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Saputra, D., S, A., Kiram, Y., & Edmizal, E. (2024). KONTRIBUSI KOORDINASI MATA TANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KETEPATAN SMASH BULUTANGKIS PB ORVALA. Gladiator, 44(2), 555-566. https://doi.org/10.24036/gltdor1057022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.