Pengaruh Latihan Beban Terhadap peningkatan kekuatan Otot Tungkai Atlet Gulat Kabupaten Agam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nisa Fetriani
Eri Barlian
Yendrizal Yendrizal
Desi Purnama Sari

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya para atlet Gulat Kabupaten Agam mengalami penurunan pada kondisi fisik dimana salah satunya yaitu lemahnya kekuatan otot tungkai atlet sehingga menurunya pencapaian prestasi yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Latihan beban terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai atlet gulat Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah atlet gulat Kabupaten Agam dengan sampel penelitian sebanyak 12 orang atlet dimana 8 orang atlet putra dan 4 orang atlet putri. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data menggunakan rumus t-tes uji t. Dimana hasil uji t pada putra didapatkan thitung 14.856 > ttabel 1.895 dengan nilai mean pre-test 70.9375 dan nilai mean post-test 131.375. Sedangkan hasil uji t putri didapatkan thitung 26.359 > ttabel 2.353 dengan nilai mean pre-test 55.375 dan nilai mean post-test 107.125. Dapat disimpulkan bahwa Latihan beban tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai atlet gulat kabupaten agam.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fetriani, N., Barlian, E., Yendrizal, Y., & Sari, D. (2024). Pengaruh Latihan Beban Terhadap peningkatan kekuatan Otot Tungkai Atlet Gulat Kabupaten Agam. Gladiator, 44(2), 718-730. https://doi.org/10.24036/gltdor1064022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.