HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI BAWAH DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETEPATAN SMASH PADA ATLET BOLAVOLI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

julio adam
ridwan ridwan
alnedran alnedral
eko purnomo

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya ketepatan smash pada atlet bolavoli putra SMAN 1 X Koto, dengan variabel daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan smash bolavoli pada atlet bolavoli putra SMAN 1 X Koto. Jenis penelitian ini korelasi, dengan populasi 22 atlet diantaranya 15 atlet putra dan 7 atlet putri di SMAN 1 X Koto. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Intrumen penelitian vertical jump dengan melempar bola kedinding dan ketepatan smash. Data dianalisis menggunakan formula product moment korelasi pada signifikan a=0.05, untuk mengetahui kontribusi ditentukan dengan koefisien determinasi. Dari hasil analisis diperoleh koefisian korelasi hipotesis pertama rhitung = 0,371 dan hipotesis kedua  rhitung = 0.273 dan hipotesis ketiga rhitung  = 0,516. Hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu adanya hubungan antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan smash. Kesimpulan penelitian : terdapat hubungan signifikan antar variabel X terhadap Y. Hubungan X1 terhadap Y 13,7% dan X2 terhadap Y 7,45%, dan kotribusi secara bersama-sama terhadap Y 26,6%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
adam, julio, ridwan, ridwan, alnedral, alnedran, & purnomo, eko. (2024). HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI BAWAH DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KETEPATAN SMASH PADA ATLET BOLAVOLI. Gladiator, 44(2), 705-717. https://doi.org/10.24036/gltdor1086022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.