Kontribusi Rasa Percaya Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Ekstrakurikuler Tenis Meja Di SMA Negeri 1 Lubuk Alung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah melihat kontribusi rasa percaya diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik ekstrakurikuler tenis meja di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Jenis pada penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik ekstrakurikuler tenis meja yang berjumlah 35 orang diantaranya 20 putri dan 15 putra, pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu sensus dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitin ini yaitu berupa angket/ kuesioner rasa percaya diri dan motivasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rasa percaya diri berkontribusi terhadap hasil belajar peserta didik ekstrakurikuler tenis meja di SMA Negeri 1 Lubuk Alung sebesar 22,47% yaitu signifikan, dikarenakan berdasarkan perbandingan nilai thitung (3,0906) > ttabel (0,2826). (2) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar peserta didik ekstrakurikuler tenis meja di SMA Negeri 1 Lubuk Alung sebesar 15,26% yaitu signifikan, dikarenakan berdasarkan perbandingan nilai thitung (2,4361) > ttabel (0,2826). (3) Rasa percaya diri dan motivasi belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar peserta didik ekstrakurikuler tenis meja di SMA Negeri 1 Lubuk Alung sebesar 181% tetapi tidak signifikan, dikarenakan berdasarkan perbandingan nilai Fhitung (-34,71) < Ftabel (3,295).
Kata Kunci: Hasil belajar, rasa percaya diri, motivasi belajar