Faktor-Faktor Penghambat Pembinaan Atlet Bolabasket Usia Remaja

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

AMIR HUSEN
Ronni Yenes
Sari Mariati
Naluri Denay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat pembinaan atlet bolabasket usia remaja di Kota Padang Panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan pengurus PERBASI dan atlet yang terkait dalam pembinaan olahraga bola basket. Hasil prnrlitian menunjukkan bahwa faktor faktor utama yang berpengaruh terhadap pembinaan, antara lain keterbatasan fasilitas dan sarana latihan, kurangnya dukungan finansial, minimnya kompetisi yang diikuti sebagai salah satu sarana evaluasi kemampuan atlet. Selain itu ada beberapa faktor internal seperti motivasi dan disiplin dari atlet juga ditemukan berperan signifikan dalam menghambat pembinaan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar organisasi, pemerintah dan instansi terkait menigkatkan fasilitas sarana prasarana dan dukungan finansial, serta menyelenggarakan dan mengikuti lebih banyak lagi kompetisi untuk mendorong perkembangan atlet bolabasket usia remaja yang ada di Kota Padang Panjang.


Kata Kunci:  Faktor-Faktor Penghambat, Pembinaan, Atlet Usia Remaja

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
HUSEN, A., Yenes, R., Mariati, S., & Denay, N. (2024). Faktor-Faktor Penghambat Pembinaan Atlet Bolabasket Usia Remaja. Gladiator, 4(5), 1287-1297. https://doi.org/10.24036/gltdor1370022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.