Pengaruh Dry Land Kicking Exercise Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia aquatic Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Helmi Nofira
Masrun Masrun
Argantos Argantos
Naluri Denay

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dry Land Kicking Exercise terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia Aquatic Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post test pada dua kelompok perlakuan. Sampel penelitian terdiri dari 12 atlet yang dipilih secara purposive sampling, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan ordinal pairing. Kelompok (A) diberi latihan Body Weight Training, sedangkan kelompok (B) diberi latihan Dry Land Kicking Exercise dengan beban swiss ball selama 16 sesi pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, tidak ada pengaruh latihan tanpa menggunakan beban yang signifikan dalam meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Atlet Searia Aquatic Padang rentang umur10-17 tahun. Kedua, Ada pengaruh latihan dengan menggunakan beban yang signifikan dalam meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter Atlet Searia Aquatic Padang rentang umur 10-17 tahun. Ketiga, ada pengaruh dry land kicking exercise yang signifikan terhadap Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter sehingga metode melatih menggunakan dry land kicking exercise dinilai lebeih efektif dari pada metode latihan tanpa beban untuk meningkatkan kecepatan renang gaya bebas 50 meter atlet searia aquatic padang rentang umur 10-17 tahun. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh dry land kicking exercise terhadap kecepatan renang gaya bebas atlet searia aquatic padang, dengan waktu tercepat 27,68 detik pada pre test dan skor waktu tercepat 26 detik pada posttest.


Kata Kunci: Dry land kicking exercise, kecepatan renang 50 meter, gaya bebas

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Helmi Nofira, Universitas Negeri Padang

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kecepatan otot lengan dan tungkai atlet dalam renang gaya bebas club Searia Aquatic Padang membuat mereka susah untuk menyaingi lawan di dalam perlombaan. Oleh sebab itu, apabila terus dibiarkan, maka prestasi yang ditorehkan oleh club Searia Aquatic akan semakin menurun dan susah untuk bersaing ditingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan melihat Pengaruh Dry Land Kicking Exercise terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia Aquatic Padang. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah anggota Searia Aquatic Padang dengan jumlah 20 orang. Sampel penelitian adalah anggota Searia Aquatic Padang rentang umur 10-17 tahun menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan stopwatch. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan ɑ=0,05 dan uji normalitas menggunakan uji liliefors. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dry land kicking exercise terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia Aquatic Padang, dengan rata- rata waktu tercepat 37.24 detik pada pre test, dan skor rata-rata waktu tercepat 27,68 detik pada post test.

Kata Kunci: Dry land kicking exercise, kecepatan renang 50 meter, gaya bebas

How to Cite
Nofira, H., Masrun, M., Argantos, A., & Denay, N. (2024). Pengaruh Dry Land Kicking Exercise Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia aquatic Padang. Gladiator, 4(5), 1376-1387. https://doi.org/10.24036/gltdor1384022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.