Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Atlet Pencak Silat Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah Padang Panjang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cindy Permata Sari
Argantos Argantos
Yendrizal Yendrizal
Juanda Putra

Abstract

ABSTRAK


Masalah dalam penelitian ini adalah naik-turunnya prestasi atlet tapak suci Putera Muhammadiyah panjang tiap tahunnya, sarana dan prasarana yang belum lengkap dan mengalami penyusutan, pendanaan yang masih kurang. Dengan tujuan untuk mengevaluasi program pembinaan prestasi atlet pencak silat perguruan tapak suci Putera Muhammadiyah padang panjang. Metode yang digunakan adalah evaluasi program dengan model CIPP Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. (Context,Input,Process,Product). Untuk informan yaitu pengurus, pelatih dan atlet. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, tringulasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa: (1) aspek Context, tujuan dari organisasi perguruan tapak suci Putera Muhammadiyah padang panjang adalah untuk melahirkan atlet-atlet yang berprestasi dan berkualitas. (2) aspek Input, terdapat struktur kepengurusan yang tertulis dan terstruktur, sudah memilik pelatih yang bersartifikat atau memiliki lisensi pelatih, sudah memiliki atlet. Prestasi yang pernah diraih oleh atlet perguruan tapak suci putera muhammadiyah padang panjang yaitu yaitu juara 1 O2SN Provinsi tahun 2019 di Padang,  juara 3 Kejuaraan Dunia tahun 2019 di Solo, juara 1 dan 2 Kejurda tahun 2022 di Solok Selatan, juara 2 Pospenas tahun 2022 di Surakarta, juara 3 kejurda tahun 2023 di Padang dan juara 1 dan 3 O2SN Kota tahun 2023 di padang Panjang.


Kata Kunci: Evaluasi Program, Pembinaan Prestasi, Pencak Silat

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, C., Argantos, A., Yendrizal, Y., & Putra, J. (2024). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Atlet Pencak Silat Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah Padang Panjang. Gladiator, 4(5), 1388-1402. https://doi.org/10.24036/gltdor1386022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.