Analisis Analisis Keterampilan Renang Gaya Dada Mahasiswa Renang Spesialisasi Departemen Kepelatihan FIK-UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yogi Zacky
Alex Aldha Yudi
Pringgo Mardesia
Naluri Denay

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada beberapa mahasiswa renang spesialisasi FIK UNP yang gerakannya masih kurang atau belum maksimal sehingga mempengaruhi keterampilan renang gaya dada mereka. Seperti posisi tubuh, gerak lengan, gerak kaki, pernapasan dan koordinasi gerak. Sehingga masih menjadi kendala bagi mahasiswa untuk berenang dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan renang gaya dada mahasiswa spesialisasi renang departemen kepelatihan FIK UNP. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuam atau keterampilan (performance). Metode penelitian ini menggunakan format atau blangko dengan 11 orang sampel yang akan dinilai oleh 3 orang penilai (judgment) yang sudah berlisensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic persentatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat penguasaan untuk posisi tubuh adalah 87,88% dengan tingkatan baik, 2) Tingkat penguasaan gerakan lengan adalah 66,67% dengan tingkatan cukup, 3) Tingkat penguasaan gerakan kaki adalah 74,24% dengan tingkatan baik, 4) Tingkat penguasaan pernapasan adalah 84,85% dengan tingkatan baik, dan 5) Tingkat penguasaan koordinasi gerak adalah 78,79% dengan tingkatan baik.


Kata Kunci:  Keterampilan, Renang, Gaya Dada

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zacky, Y., Yudi, A., Mardesia, P., & Denay, N. (2024). Analisis Analisis Keterampilan Renang Gaya Dada Mahasiswa Renang Spesialisasi Departemen Kepelatihan FIK-UNP. Gladiator, 4(5), 1580-1591. https://doi.org/10.24036/gltdor1441022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.