Tinjauan Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Bolavoli Putri SMA Negeri 14 Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arif Yusuf Siregar
Dr. Ardo Okilanda, S.Pd, M.Pd
yogi arnaldo putra S.Pd, M.Pd
Drs. Hermanzoni S.Pd, M.Pd

Abstract

Rendahnya performa pemain bola voli putri SMA Negeri 4 Padang pada ajang O2SN dan turnamen lainnya menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Para ahli menduga bahwa alasan penurunan eksekusi adalah karena rendahnya kondisi pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fisik pemain bola voli putri SMA Negeri 4 Padang. Pemeriksaan semacam ini bersifat ilustratif. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020. Populasinya adalah seluruh pemain bola voli PBVKG Agam sebanyak 11 orang. Total sampling atau 11 orang merupakan metode pengambilan sampel. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tes Lompat Vertikal untuk mengukur daya ledak otot tungkai; 2) Bola Obat Satu Tangan Diletakkan untuk mengukur daya ledak otot lengan; 3) uji Agility T-test untuk mengukur kelincahan; dan 4) Sit and Reach untuk mengukur fleksibilitas. Teknik distribusi frekuensi digunakan untuk analisis data. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa: 1) derajat kekuatan berbahaya otot tungkai berada pada klasifikasi cukup, 2) derajat ketidakstabilan kekuatan otot lengan berada pada klasifikasi ideal, 3) derajat ketangkasan berada pada klasifikasi ideal. kelas hebat, 4) derajat kemampuan beradaptasi berada pada kelas hebat.


   Kata Kunci: Kondisi Fisik; Bola Voli

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siregar, A. Y., S.Pd, M.Pd, D. A., S.Pd, M.Pd, yogi, & S.Pd, M.Pd, D. (2024). Tinjauan Tinjauan Kondisi Fisik Pemain Bolavoli Putri SMA Negeri 14 Padang. Gladiator, 4(5), 1615-1625. https://doi.org/10.24036/gltdor1444022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.