Analisis Analisis Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Departemen Kepelatihan FIK-UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

bustamil aryfin
Masrun Masrun
Umar Umar
Naluri Denay

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan renang gaya kupu-kupu mahasiswa


renang spesialisasi FIK-UNP masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk


mengetahui tingkat keterampilan renang gaya kupu-kupu mahasiswa renang spesialisasi FIK


UNP. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa renang spesialisasi FIK-UNP Departemen


Kepelatihan yang mengambil mata kuliah renang spesialisasi pada semester Januari – Juni 2024.


Instrumen dalam penelitian ini adalah tes keterampilan yaitu tes renang gaya kupu-kupu. Teknik


analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan formula persentase. Tes


keterampilan renang gaya kupu-kupu dinilai oleh tiga orang penilai yang berlisensi. Hasil


penelitian dari 3 (tiga) orang penilai terhadap 11 orang sampel menunjukkan bahwa


keterampilan renang gaya kupu-kupu dinilai pada tingkat penguasaan sebagai berikut: (1)


Penguasaan posisi tubuh adalah 76,77% dengan kategori baik; (2) Penguasaan gerakan lengan


adalah 68,69% dengan kategori baik; (3) Penguasaan gerakan kaki adalah 55,56% dengan


kategori cukup; (4) Penguasaan pernafasan adalah 68,18% dengan kategori baik; dan (5)


Penguasaan koorfinasi gerak adalah 63,64% dengan kategori cukup.


Kata Kunci: Keterampilan, Renang, Gaya Kupu-Kupu

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
aryfin, bustamil, Masrun, M., Umar, U., & Denay, N. (2024). Analisis Analisis Keterampilan Renang Gaya Kupu-Kupu Mahasiswa Renang Spesialisasi Departemen Kepelatihan FIK-UNP. Gladiator, 4(5), 1567-1579. https://doi.org/10.24036/gltdor1447022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.