PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SMA NEGERI 2 SAWAH LUNTO Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

afrendi fauzan
yendrizal yendrizal
yanuar kiram
Eri barlian

Abstract

Masalah pada penelitian ini berdasarkan observasi peneliti pada SMA Negeri 2 Sawah
Lunto, ditemukan kurangnya sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini guna mengetahui
pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini ialah expost facto,
peneliti angket yang berisi beberapa pernyataan. Populasi di penelitian ini ialah seluruh siswa
SMA Negeri 2 Sawah Lunto. Sampel pada penelitian ini ialah 40 siswa kelas XI, dengan
memakai teknik pengambilan sampel ialah stratified random sampling. Instumen yang dipakai
pada penelitian ini ialah angket hasil belajar PJOK. Tenik analisis data yang dipakai ialah
validitas, reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis. Hasil dari penelitian yang
didapatkan adalah: tidak ada pengaruh signifikan antara sarana dan prasarana terhadap hasil
belajar PJOK siswa kelas XI SMAN 2 Sawah Lunto, dengan r hitung -0,297 < r tabel (df 40;5%)
0,312 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sarana dan prasarana tidak memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas XI SMAN 2 Sawah Lunto sebesar 8,8%. Hasil itu
memperlihatkan kalau jika sarana dan prasarana semakin baik atau terpenuhi, lalu hasil belajar
PJOK juga akan semakin baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
fauzan, afrendi, yendrizal, yendrizal, kiram, yanuar, & barlian, E. (2024). PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK SMA NEGERI 2 SAWAH LUNTO. Gladiator, 4(5), 1638-1651. https://doi.org/10.24036/gltdor1449022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.