Pengaruh Pengaruh Latihan Passing Drills Terhadap Kemampuan Passing Pemain Sko Sumbar Fa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

fadel hendratama fadel hendratama
Alex Aldha Yudi
Roma Irawan
Ikhwanul Arifan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang metode passing dasar pemain SKO Sumbar yang selama ini belum efektif dalam melakukan passing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh latihan passing terhadap kemampuan passing pemain Sko Sumbar Fa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepak bola Sko Sumbar Fa yang berjumlah 56 orang yang terdiri dari pemain U15, U16, dan U17. Metode penelitian yang digunakan adalah tes acak sederhana, sehingga contoh dalam penelitian ini adalah pemain Sko Sumbar Fa U16 yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian menggunakan penilaian kemampuan passing . Metode penelitian data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi ɑ = 0,05 dan uji keberagaman menggunakan uji Liliefors . Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan passing terhadap kemampuan passing dalam sepak bola pada pemain Sko Sumbar Fa dengan skor rata-rata 124,12 pada pre-test dan skor rata-rata 127,92 pada post-test . Hal ini dibuktikan secara mendasar, dimana setelah dilakukan uji “t” diperoleh hasil thitung = 2,82 > ttabel = 1,711. Dengan demikian Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Akhirnya dengan latihan passing yang dilakukan, kemampuan passing meningkat sehingga hasil tes yang dilakukan pada tes terakhir mengalami peningkatan yang paling besar.


Kata Kunci : Latihan Passing Drill , Kemampuan Passing , Sepakbola

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
fadel hendratama, fadel, Yudi, A., Irawan, R., & Arifan, I. (2024). Pengaruh Pengaruh Latihan Passing Drills Terhadap Kemampuan Passing Pemain Sko Sumbar Fa. Gladiator, 4(5), 1604-1614. https://doi.org/10.24036/gltdor1451022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.