Tinjauan Tinjauan Kecemasan Anak Kelas 6 SD Sebelum Berenang Pada Kolam Dalam Di SDN No. 100311 Palsabolas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khairunnisa Rangkuti
Eri Barlian
Tjung Hauw sin
maidarman maidarman

Abstract

Renang adalah gerak tubuh manusia di dalam air, dijelaskan lebih detail apa itu gerak tubuh dan bagaimana memanfaatkan air untuk bergerak. Rasa cemas mungkin muncul pada anak-anak ketika mereka melakukan sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya atau yang  tidak mereka kenal. kecemasan social  berperan dalam perkembangan perilaku social  yang berarti tidak mampu menyesuaikan diri secara alami dengan kondisi sekitar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa yang mempengaruhi kecemasan pada anak umur 10-12 tahun sebelum berenang pada kolam kedaman 1 meter. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif, dengan sampel berjumlah 15 orang diambil dari siswa kelas 6 SDN NO.100311 PALSABOLAS yang bersedia mengisi angket pada waktu luang. Penelitian ini menggunakan instrument yang telah diadaptasi ke bahasa Indonesia, instrument tersebut yaitu Sport Anxiety Scale-2 (SAS-2) dengan beberapa point pertanyaan, diisi dengan keadaan yang sedang terjadi. Hasil penelitian ini ditemukan kategori “ Kecemasan Sedang” sebanyak 3 orang atau 20%, kategori “kecemasan Ringan” sebanyak 7 orang atau 46,6% dan kategori “Tidak Ada Kecemasan”  sebanyak 5 orang  atau 33,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan tingkat kecemasan anak umut 10-12 tahu sebelum berenang pada kolam kedalaman lebih dari 1 meter di SDN NO.100311 PALSABOLAS adalah 46,6% yaitu Tinkat Kecemasan Ringan.


Kata kunci: Berenang dan Tingkat Kecemasan


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rangkuti, K., Barlian, E., sin, T., & maidarman, maidarman. (2024). Tinjauan Tinjauan Kecemasan Anak Kelas 6 SD Sebelum Berenang Pada Kolam Dalam Di SDN No. 100311 Palsabolas. Gladiator, 4(5), 1956-1967. https://doi.org/10.24036/gltdor1500022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.