Pengaruh Pengaruh Variasi Latihan Motorik Dasar Terhadap Peningkatan Teknik Bolabasket SDS IT Mutiara Duri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farhani Indrawati
Roma Irawan
Irfan Oktavianus
John Arwandi

Abstract

Masalah penelitian ini adalah belum sepenuhnya menguasai teknik bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi latihan motorik dasar terhadap peningkatan teknik dalam bolabasket SDS IT Mutiara Duri. Desain penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian one grup Pre-test and Post test design. Tempat pelaksanaan penelitian di lapangan bolabasket SDS IT Mutiara Duri pada siswa SDS IT Mutiara Duri. Pendeskripsian data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan analisis uji t, dengan menggunakan aplikasi SPSS 29. Uji syarat statistik t telah memenuhi Syarat homogen dan data berdistribusi normalitas. Data terdistribusi normal berdasarkan perhitungan statistik dan pengujian kriteria uji statistik, di dapat hasil bahwa latihan motorik dasar memberikan pengaruh terhadap hasil peningkatan teknik dalam bola basket. Hal ini diketahui dari data maka hasil untuk diterima atau ditolaknya Ho atau hipotesis awal, sign 2 tailed (0.020) lebih < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan teknik bolabasket sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari hasil uji signifikan. Jadi, Ho di tolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan motorik dasar terhadap peningkatan teknik dalam bola basket SDS IT Mutiara Duri.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Indrawati, F., Irawan, R., Oktavianus, I., & Arwandi, J. (2024). Pengaruh Pengaruh Variasi Latihan Motorik Dasar Terhadap Peningkatan Teknik Bolabasket SDS IT Mutiara Duri. Gladiator, 4(5), 1905-1919. https://doi.org/10.24036/gltdor1508022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.