Analisis Peran Guru PJOK dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila: Fokus pada Elemen Gotong Royong
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dalam mengimplementasikan elemen gotong royong sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri se-Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan desain deskriptif dengan metode survei melalui angket yang diberikan kepada 40 guru PJOK yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan 38 butir pernyataan yang mencakup delapan indikator peran guru. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi elemen gotong royong oleh guru PJOK masih belum optimal, dengan mayoritas responden berada pada kategori "Jarang" (30%) dan "Sering" (27,5%), sedangkan kategori "Kadang-kadang" (25%), "Selalu" (12,5%), dan "Sangat Jarang" (5%). Faktor yang memengaruhi antara lain kurangnya pemahaman guru tentang Profil Pelajar Pancasila, keterbatasan waktu dan kurikulum, serta minimnya media pembelajaran inovatif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan sistematis, pengembangan kurikulum, dan penggunaan metode pembelajaran yang efektif untuk mengintegrasikan nilai gotong royong dalam pembelajaran PJOK.