Kontribusi Kelentukan dan Kekuatan Otot Perut terhadap Kemampuan Heading

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yerlan Satria Agnesa
Ronni Roni
Afrizal s Afrizal s
Irfan Oktavianus

Abstract

Masalah dalam penellitian ini adalah masih banyak Kemampuan Heading Pemain Sepakbola PGS Kota Padang Panjang rendah. Banyak faktor-fakor yang mempengaruhi terhadap Kemampuan Heading ini. Salah satu diantaranya diduga yang berhubungan dengan Kelentukan dan Kekuatan Otot Perut. Adapun tujuan penelitian ini adalah  untuk melihat sejauh mana kontribusi Kelentukan dan Kekuatan Otot Perut terhadap Kemampuan Heading Pemain Sepakbola PGS Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. sampel berjumlah 18 orang yakni Pemain Sepakbola PGS. Instrument penelitian Kekuatan Otot Perut diperoleh dengan menggunakan sit up pengukuran Kelentukan  diperoleh dengan bridge-up test. Kemampuan Heading Pemain didapatkan melalui tes Heading yang dilakukan oleh Pemain.  Berdasarkan pada perhitungan dan analisis data dengan menggunakan  rumus product moment, 1) maka diperoleh rhitung 0,830  > rtabel 0,396. Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan di terima kebenarannya artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Kelentukan terhadap Kemampuan Heading; 2) Terdapat hubungan yang signifikan Kekuatan Otot Perut dengan Kemampuan Heading yang diperoleh rhitung = 0,945 > rtabel = 0,396; 3) secara bersama-sama Terdapat hubungan yang signifikan antara Kelentukan dan Kekuatan Otot Perut terhadap Kemampuan Heading pada Pemain Sepakbola yang diperoleh Fhitung = 4,05 > Ftabel = 3,98, kontribusi Kelentukan dan Kekuatan Otot  Perut terhadap Kemampuan Heading Pemain adalah sebesar 44,89%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Agnesa, Y., Roni, R., Afrizal s, A. s, & Oktavianus, I. (2021). Kontribusi Kelentukan dan Kekuatan Otot Perut terhadap Kemampuan Heading. Gladiator, 1(4), 165 - 176. https://doi.org/10.24036/gltdor18022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.