Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Media Elektronik Terhadap Minat Siswa SMKN 7 Padang Terhadap Olahraga Hockey Indoor
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya ketertarikan dan minat siswa SMKN 7 Padang terhadap pendidikan jasmani. Hingga saat ini, belum adanya upaya yang dilakukan guru SMKN 7 Padang untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan olahraga hockey indoor terhadap minat siswa SMKN 7 Padang dalam pembelajaran olahraga. Strategi pengenalan ini dilakukan dengan media elektronik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII SMKN 7 Padang yang berjumlah 23 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 23 yang terdiri dari siswa siswi di berbagai kelas di SMKN 7 Padang yang akan diberikan kuesioner sebelum diperkenalkan tentang olahraga hockey dan kuesioner setelah di terangkannya olahraga hockey. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data angket dilakukan dengan uji-t menggunakan sofware statistika yaitu SPSS.v25. Pengumpulan angket digunakan untuk mengukur perbandingan minat siswa sebelum dan sesudah dilakukannya pengenalan olahraga hockey indoor. Hasil penelitian menunjukkan pengenalan olahraga hockey indoor berpengaruh positif terhadap minat siswa dalam pembelajaran olahraga. Hasil normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov SPSS v25, ditemukan skor normalitas sebesar 0,117 > 0,05 dan 0,115 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Hasil uji-t dengan test pada 2 tailed side ditemukan 0,001 < 0,05. Maka dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian materi mengenai strategi penerapan olahraga hockey indoor terhadap minat siswa SMKN 7 Padang dalam pembelajaran olahraga.
Kata Kunci : Minat Siswa, Hockey Indoor, Media Elektronik
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Notice
This deed highlights only some of the key features and terms of the actual license. It is not a license and has no legal value. You should carefully review all of the terms and conditions of the actual license before using the licensed material.
Creative Commons is not a law firm and does not provide legal services. Distributing, displaying, or linking to this deed or the license that it summarizes does not create a lawyer-client or any other relationship.