Evaluasi Pelaksanaan Ekstrakurikuler Basket
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler basket di SMA Negeri 3 Kerinci. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kerinci pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, 2 guru pembina/pelatih dan 25 orang siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan angket.Untuk mengukur pilihan jawaban responden menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Kegiatan Ekstrakurikuler Basket di SMA Negeri 3 Kerinci secara umum dikategorikan baik. Hasil penelitian yang dibagi menjadi 4 aspek. Pertama, Aspek konteks dikategorikan sangat baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 87,5% dan kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 82,29%. Kedua, Aspek input dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 85,42% , kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 71,87% dan kuesioner siswa sebesar 86,0%. Ketiga, Aspek proses dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 85,94%, kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 81,66% dan kuesioner siswa sebesar 87,27%. Keempat, Aspek produk dikategorikan baik karena ketercapaian kuesioner kepala sekolah sebesar 87,5% , kuesioner guru pembina/pelatih sebesar 82,81% dan kuesioner siswa sebesar 81%.