Program Pembinaan Atlet Pencak Silat Perguruan Seni Bela Diri Berbasis CIPP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wismu Rahma dani
Argantos Argantos
suwirman suwirman
jeki haryanto

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pembinaan pencak silat tapak suci Situjuah Limo Nagari. Melalui penelitian ini dapat diketahui gambaran menyeluruh tentang latar belakang organisasi, tujuan organisasi, landasan penyelenggaraan pembinaan, pelatih, seleksi atlet, pendanaan, sarana dan prasarana, dukungan orang tua atlet, perencanaan program, pelaksanaan program, pengawasan program, keberhasilan serta efektivitas program pembinaan pencak silat tapak suci Situjuah Limo Nagari. Jenis penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan model CIPP terdiri dari (Context, Input, Process and Product). Responden penelitian (1) pengurus satu orang, (2) pelatih satu orang dan (3) atlet satu orang. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data (1) reduksi data (2) penyajian data (3) Verifikasi/menarik kesimpulan dan (4) Triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut: dalam komponen context sudah sesuai dan dikategorikan cukup, dalam komponnen input sudah sesuai dan dikategorikan cukup, dalam processsudah cukup baik dan dikategorikan cukup baik, product sudah sesuai dan dikategorikan cukup dalam melaksanakan pembinaan. Rekomendasi penelitian selanjutnya ialah meningkatkan fungsi manajemen yang berkaitan dengan organisasi pencak silat untuk mencapai visi dan misi organisasi, meningkatkan pembaharuan bantuan pelatih dimasa mendatang dan mengupayakan perbaikan yang cepat terkait fasilitas, karena proses pembinaan memakan waktu yang cukup lama dan dilakukan secara terus-menerus.


Kata Kunci:ProgramPembinaan; Pencak silat; Berbasis Cipp

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
dani, W., Argantos, A., suwirman, suwirman, & haryanto, jeki. (2024). Program Pembinaan Atlet Pencak Silat Perguruan Seni Bela Diri Berbasis CIPP. Gladiator, 44(2), 129-141. https://doi.org/10.24036/gltdor938022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.