Tinjauan Kondisi Fisik Pada Mahasiswa Mata Kuliah Renang Spesialisasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rio Pratama
Donie Rizal
Argantos Argantos
Irfan Adhe

Abstract

Permasalahan dalam ujian kali ini adalah kecepatan renang siswa renang pada Staf Ilmu Olah Raga Perguruan Tinggi Negeri Padang masih buruk, hal ini sangat dipengaruhi oleh lemahnya kondisi fisik mereka, misalnya saja kekuatan otot tungkai, kemampuan beradaptasi dan otot. Kegigihan eksplorasi ini bertujuan untuk melihat kondisi mahasiswa mata kuliah peminatan renang pada Staf Ilmu Olah Raga Perguruan Tinggi Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Eksplorasi semacam ini menarik. Populas dalam penelitian ini adalah masing-masing 15 mahasiswa kursus renang tertentu pada Staf Ilmu Olah Raga Perguruan Tinggi Negeri Padang. Untuk memperoleh informasi penelitian, digunakan tes kecepatan renang gaya bebas 50 meter, tes lompatan vertikal, tes bahu dan pergelangan tangan, tes pusat dan penyesuaian serta push up. Informasi diperiksa dengan menggunakan strategi faktual yang mencerahkan dengan menggunakan klasifikasi perulangan dengan estimasi laju. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistic deskriptif (tabulasi frekuensi) dengan rumus P= F/N x 100%. Hasil pemeriksaan menunjukkan: (1) Derajat kapasitas kecepatan renang gaya bebas 50 meter berada pada tingkat klasifikasi memadai. (2) Derajat batas daya tidak stabil otot tungkai berada pada tingkat klasifikasi tidak memadai. (3) Derajat kemampuan beradaptasi berada pada tingkat klasifikasi sedang. (4) Tingkat kapasitas dan penyesuaian pusat berada pada tingkat klasifikasi yang kurang ideal. (5) Derajat ketekunan otot lengan berada pada tingkat kelas rendah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, R., Rizal, D., Argantos, A., & Adhe, I. (2024). Tinjauan Kondisi Fisik Pada Mahasiswa Mata Kuliah Renang Spesialisasi. Gladiator, 44(2), 222-236. https://doi.org/10.24036/gltdor965022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.