Evaluasi Pelayanan Pendidikan Mata Pelajaran Pjok Di Smpn 25 Dusun Tangah Kec. Sangirbatanghari Kab. Solokselatan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih terdapat peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran PJOK di SMP N 25 Dusun Tangah Kec. Sangir Batang Hari Kab. Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan pendidikan mata pelajaran PJOK di SMP N 25 Dusun Tangah Kec Sangir Batang Hari Kab. Solok Selatan. Melalui evaluasi ini dapat diketahui gambaran menyeluruh tentang tujuan PJOK, bahan ajar PJOK, minat belajar peserta didik pada PJOK, kompetisi guru PJOK, sarana dan prasarana olahraga, peserta didik, proses pembelajaran PJOK, keatifan peserta didik, evaluasi pelayanan PJOK, hasil pembelajaran PJOK di SMP N 25 Dusun Tangah Kec Sangir Batang Hari Kab. Solok Selatan. Jenis penelitian ini ialah metode kualitatif evaluatif dengan menggunakan pendekatan model CIPP terdiri dari (Context, Input, Process and Product). Responden penelitian (1) guru PJOK satu orang, (2) peserta didik sepuluh orang dan (3) kepala sekolah. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data (1) reduksi data (2) penyajian data (3) Verifikasi/menarik kesimpulan dan (4) Triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut: evaluasi context sudah sesuai dan dikategorikan cukup baik, evaluasi input kurang sesuai dan dikategorikan kurang baik, evaluasi process sudah sesuai dan dikategorikan cukup baik, evaluasi product sudah sesuai dan dikategorikan baik dalam melaksanakan pelayanan pendidikan mata pelajaran PJOK di SMP N 25 Dusun Tangah Kec. Sangir Batang Hari Kab. Solok Selatan.