Pengaruh Latihan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Imam Hadi
Roma Irawan
Masrun Masrun
Sari Mariati

Abstract

Variabel dalam penelitian ini latihan kecepatan dan kemampuan dribbling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan terhadap kemampuan dribbling atlet putra MAN 2 Padang dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bolabasket putra MAN 2 Padang yang berjumlah 34 orang.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu atlet putra MAN 2 Padang sebanyak 10 orang. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan tes kemampuan dribbling yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa latihan kecepatan dengan sprint dan ladder drills memberikan pengaruh yang berarti terhadap kemampuan dribbling. Rata-rata pre test kemampuan dribbling sebesar 21 sedangkan post test meningkat menjadi 24,6. Kemudian diperoleh uji beda mean (uji t) sebesar thitung 16,36 sedangkan ttabel 2,26 dengan taraf signifikan α=0,05 dan n=10, maka thitung > ttabel (16,36>2,26), maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari bentuk latihan kecepatan terhadap kemampuan dribbling pada atlet putra MAN 2 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hadi, M., Irawan, R., Masrun, M., & Mariati, S. (2023). Pengaruh Latihan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling. Gladiator, 3(2), 105-118. https://doi.org/10.24036/gltdor99022

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.